Posted by : Andi Kurniawan Jumat, 27 Desember 2013


Mungkin ada dari teman-teman yang sudah baca Tutorial Pembuata Robot LTC , yang sudah diposting sebelumnya, atau ada juga yang cuma liat sekilas dan sudah beranggapan “susah buat robot LTC ini”.  Nah kami dari UKM Robotika ITS akan mencoba merubah mindset teman-teman dengan memberi tahu point-point penting dalam pembuatan LTC ini. Sebenarnya membuat LTC tidaklah susah, tetapi memahaminya mungkin yang susah. Tapi tidak ada salahnya kita membuatnya terlebih dahulu baru kemudian kita perlahan-lahan memahaminya. Nah apa yang perlu kalian persiapkan agar dapat “membuat” Robot LTC ini :
  1. Mencetak PCB yang sudah didesain
  2. Memasang komponen pada PCB
  3. Membuat mekanik
  4. Tes Robot LTC
Sangat mudahkan, atau cara diatas terlalu singkat mungkin. OK, aka kami sedikit perjelas tahapannya. Yang perlu kita siapkan adalah :
1. PCB yang sudah didesain 
Pembuatan PCB memang sedikit susah, karena kaliah harus tau komponen apa yang diperguanakan, bagaimana bentuk rangkaiannya, mendesain layout-nya (tentu dengan software khusu juga), sampai pada akhirnya kalian harus mencetak layout dari PC/laptop kalian menjadi bentuk nyata pada sebuah PCB. Itu beberapa step pembuatan layout PCB LTC, agak susah memang, tapi itu akan menjadi tidak susah jika kalian sudah memiliki layout yang siap cetak.
Layout Body dan Sensor

Gambar di atas merukapakan layotu yang harus kalian cetak, ada dibeberapa tempat yang menyediakan jasa mencetak PCB sesuai dengan desain yang kita inginkan. Untuk di daerah Surabaya kalian bisa mencoba mencari di “Medokan Semampir blok H/10” atau mungkin di tempat-tempat lainnya yang kalian ketahui. Setelah PCB kalian jadi, jangan lupa untuk memberi lubang pada bagaian yang sudah diberi tanda (lubang-lubang pada ujung layout). Cara melubanginya juga tidak sulit kalian cukup menggunakan bor kecil yang dapat kalian beli di toko-toko komponen terdekat dengan harga yang tidak terlalu mahal.
Mini Drill

2. Memasang Komponen pada PCB
Setelah PCB dicetak dan diberilubang, kalian bisa langsung memasang komponen-komponen yang ada pada list. Kemudian pasang sesuai dengan layoutnya, seperti ini : 

Setelah dipasang sesuai dengan gambar di atas, kemudian solder komponen tersebut. Saat menyolder komponen jangan terlalu banyak menggunakan timah, gunkan timah secukupnya, jika timah terlalu banyak itu akan menjadi penghambat arus dan menjadi salah satu masalah ketika uji coba robot. JIka sudah terlanjur atau timah yang dipergunakan tidak sengaja kebanyakan, kalian bisa menghilangkan timah tersebut dengan menggunkan alat ini,

Alat ini dapat menghisap timah, caranya : Tekan tombol kuning pada bagian atas alat hisap timah sampai ke bawah. Kemudian panaskan timah yang ada pada pcb yang akan dihisap sampai meleleh. Setelah meleleh, dekatkan alat penghisap timah pada timah yang sudah meleleh tersebut, tekan tombol kuning pada bagian tengah alat. Maka timah akan terhisap ke dalam alat hisap timah.
Setelah semua komponen dipasang, cek kembali apakah semua komponen sudah terpasang dengan benar, dan pastikan tidak ada yang short. Short disini maksudnya, pastikan komponen tidak terhubung dengan komponen yang tidak seharusnya terhubung. Jadi pastikan komponen terhubung degan pasangan yang sudah di desain pada pcb.
3. Membuat Mekanik
Pembuatan mekanik tidak sesulit kedengarannya, kalian cukup membeli mainan mobil-mobilan anak kecil dan membongkarnya. Kenapa harus mobil-mobilan ? Karena yang akan kita cari adalah gear box yang terdapat dalam mainan tersebut. Tidak perlu mainnan yang mahal, kalian dapat membeli mainan seperti pada gambar di bawah dengan harga Rp 10.000-Rp 15.000, untuk daerah Surabaya kalian dapat membeli di sekitar daerah Mulyosari, di sana terdapat toko mainan yang banyak menjual mainan mobil-mobilan ini. Setelah membeli mainan ini, bongkar capnya dan ambil gear box-nya. Pada mainan gear boxnya terhubung dengan 2 roda, nah kalian cukup memotong gear box tersebut menjadi dua bagaian, sehingga kedua roda terpisah dan kalian mendapatkan 2 buah gear box untuk robot kalian.

        
Pada mainan tersebut terdapat sebuah motor, tips dari kami, kalian tidak perlu menggunakan motor tersebut lebih baik kalian membeli 2 buah motor baru yang memiliki tegangan yang sama, sehingga laju motor kalian nantinya akan sama. Dua buah motor tersebut kalian hubungkan dengan gear box yang telah kalian persiapkan.
Nah sekarang kalian sudah mempunyai PCB yang sudah dipasangi komponen,dan motor beserta gear box-nya. Tips pembuatan mekanik dari kami, kalian bisa menggabungkan atau menempelkan PCB tersebut dengan box atau kotak baterai yang kalian pergunakan, tapi pastikan PCB tersbut sudah berjalan dengan benar, jadi ketika kalian sudah menempelkan dengan kotak baterai, tidak perlu dibongkar lagi. Kemudian kotak baterai bagian bawah ditempelkan dengan kedua motor dan gearbox kalian. Nah untuk bagain sensor bisa dihubungkan dengan kotak baterai dan motor dengan menggunakan akrilik, tapi akrilik cukup mahal, jadi saran kami kalian bisa menggunakan bahan-bahan bekas kalian , seperti sisa PCB, triplek, dll. Setelah semua tersambung pastikan terdapat ruang di depan sensor untuk meletakan roda bebas. Roda bebas ini dapat kalian beli di toko komponen (di daerah gebang , toko XP robotic) atau toko-toko yang lain, atau jika kalian memiliki fresh c*re bekas, kalian dapat menggunakan bagian atasnya yang seperti roll on. Nah setelah jadi mungkin akan seperti ini
Tapi PCB atau rangkaian gambar di atas tidak seperti PCB yang kita buat, jadi mungkin akan sedikit berbeda, tapi secara garis besar kalian dapat membuat mekanik seperti ini.











NB: untuk menempel atau menyambungkan kalian dapat menggunakan lem tembak atau lem lilin, seperti ini :

4. Test Robot LTC
Ok, jika sudah semau step kalian jalankan, maka waktunya test drive. Jika kalian mengalami kesulitan sewaktu melakukan uji coba, silahkan datang ke UKM Robotika ITS, sebisa mungkin akan kami bantu. Selamat Mencoba.

Sumber : ITS

{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. Gan minta skema rangkaian agar gc kebalik masang komponen.a gan
    setonugroho644@gmail.com

    BalasHapus
  2. minta komponen nya mas, bingun ??

    BalasHapus
  3. Daftar komponen nya gan ..mash kurang jelas maksh .. bisa tolong di gmail ke anggaboyz87@gmail.com .. trmksh

    BalasHapus
  4. Daftar komponen nya gan ..mash kurang jelas maksh .. bisa tolong di gmail ke anggaboyz87@gmail.com .. trmksh

    BalasHapus
  5. Minta daftar komponen kirem ke prayogaadi855@gmail.com

    BalasHapus
  6. komponennya apa aja ya?

    BalasHapus

Search

Soal Latihan SMK 2013

Facebook Sisa Terakhir

Popular Post

Counter Visitor

Followers

- Copyright © Sisa Terakhir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -